Kemenhub Gandeng Dekranas Manfaatkan Potensi Tamarin untuk Membatik



 Kementerian Perhubungan lewat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perhubungan kembali lagi mengadakan kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan mengadakan training tehnik membatik dengan tamarin atau bubuk asam jawa.


Training yang dikerjakan di komplek JL. Widya Chandra Jakarta Selatan ke Sabtu 24 Oktober 2020 tempo hari, didatangi sama 30 orang peserta yang mempunyai bakat dan minat spesial dalam bagian seni serta kerajinan.


Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenhub sekalian Ketua Bagian Wiraswasta Baru Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Endang Budi Kreasi sampaikan jika cara membatik dengan tamarin ini adalah satu pengembangan baru yang paling inovatif serta kreatif.


"Ini hari kami, Dharma Wanita Persatuan Kemenhub bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional lakukan training membatik serta memberi warna batik dengan cara yang baru. Umumnya kita menggambar dengan lilin panas, saat ini kita kerjakan secara bahan landasan yang baru yakni tamarin atau bubuk asam jawa. Ini adalah hal baru yang paling inovatif serta kreatif, sebab dengan cara tamarin ini kelebihannya kita bisa memberi warna beberapa warna dalam sekali pola batik," katanya.


Prosedurnya diawali pada memproses biji asam jawa jadi bubuk lembut, selanjutnya bubuk tamarin digabung dengan sedikit minyak nabati (mentega atau minyak kelapa) diaduk sampai jadi pasta sedikit kental, Baru selanjutnya dipakai untuk menggambar skema ke kain yang telah disediakan.


situs taruhan bola populer ambisi bos napoli Sesudah gambar skema telah didinginkan serta dikeringkan, baru diawali proses pewarnaan. Kelebihannya dalam cara pewarnaan batik dengan tamarin ini ialah bisa memberi warna dengan beberapa warna dalam sekali pola. Proses pewarnaan ini dilaksanakan dengan menggunakan kuas ukuran yang bermacam dari ukuran kecil sampai sedang.


Keinginannya, beberapa peserta yang telah dikasih training ke ini hari bisa melanjutkan ilmunya , memberi training ke anggota DWP Kementerian Perhubungan yang lain. Training ini ikut didatangi sama Staff Pakar Dekranas, Bapak Wignyo Rahadi yang adalah seorang perancang baju.


"Saya mengharap supaya rekan-rekan yang telah memperoleh pengetahuan ini hari, bisa melanjutkan ilmunya ke anggota DWP lainnya. Sebab latihan membuat batik adalah salah satunya usaha kita untuk memberikan dukungan konservasi budaya asli indonesia," tutup Endang Budi Kreasi.


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sediakan bermacam stimulan untuk menarik industri penerbangan yang tertatih terkena imbas Covid-19.


Stimulan atau kemudahan yang diberi berbentuk penghilangan Passenger Servis Charge (PSC) dan pengadaan ongkos kalibrasi navigasi. Untuk menyiapkan kontribusi ini, Kemenhub menggulirkan dana sampai Rp 215 miliar, dengan perincian Rp 175 miliar untuk ongkos penghilangan PSC atau airport tax serta Rp 40 miliar untuk ongkos kalibrasi navigasi.


"Untuk PJP2U (Servis Layanan Penumpang Pesawat Udara) sejumlah Rp 175 miliar, untuk ongkos kalibrasi navigasi sejumlah Rp 40 miliar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto dalam pertemuan jurnalis virtual, Kamis (22/10/2020).


Novie meneruskan, adalah ongkos untuk menjalankan pesawat udara yang diperlengkapi perlengkapan spesial yang dilaksanakan tubuh navigasi untuk jamin perlengkapan take off-landing pengaturan radar navigasi serta lighting skema semua bekerja sama kriteria hingga keselamatan penerbangan terjaga.


Ia meneruskan, bantuan untuk Airnav, Angkasa Pura I serta Angkasa Pura II lebih dari 30 lapangan terbang akan berarti sebab dapat habiskan Rp 100 miliar per tahunnya.


"Hingga dalam saat yang masih 2 bulan depan masih dapat kita kerjakan. Jika tahun kedepan Covid-19 belum berkurang. Program ini dapat kami teruskan," tuturnya.


Untuk seterusnya, Novie pastikan pemerintahan akan memberi stimulan ke operator serta penumpang di industri penerbangan dengan tipe yang lebih bermacam, misalkan berkaitan ongkos parkirkan pesawat.


"Tempo hari banyak pesawat diparkirkan, ini kan, menjadi kendala usaha penerbangan sebab armada tidak dapat bergerak, pesawat kita ada beberapa ribu. Semuanya wajib diparkirkan dirawat di depan kita akan buka peluang lebih dalam kembali jika diperlukan," tuturnya.


Postingan populer dari blog ini

A tornado approaching Elie, Manitoba, Canada.

Ron DeSantis dropping migrants off on Martha’s Vineyard may be illegal – an immigration lawyer explains why

The following tip for the scientists is actually towards inspect whether the pollutant